Tips To Get Back To Blogging

Banyak teman-teman saya yang mengatakan bahwa aktivitas blogging yang saya lakukan adalah aktivitas yang membosankan, mereka berpikir bahwa aktivitas blogging hanya seputar membuat artikel untuk dipublikasikan. Jadi mereka berpikir bahwa yang selalu saya lakukan adalah menulis, menulis dan menulis. Padahal yang sebenarnya saya rasakan dari aktivitas blogging saya adalah sesuatu hal yang sangat bermanfaat bagi diri saya. Dari blogging, saya bisa mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi, menambah jaringan pertemanan dan menemukan ide untuk membuat suatu hal baru di kehidupan nyata. Earning yang didapat dari blog juga ikut mempengaruhi semangat saya dalam ber-blogging ria.  Tapi, biarlah orang mau berkata apa, yang jelas saya sangat menikmati aktivitas ini.

get back to blogging, back to, blogging, blogging tips, tips blogging, tips blogger
Selain berkutat dengan blog saya ini, di kehidupan nyata saya juga disibukkan dengan pekerjaan utama sebagai ******* ( ga perlu disebutin deh.... ) yang tentunya juga menguras tenaga dan pikiran. Hal seperti inilah yang kadang membuat saya malas untuk sekedar menyambangi blog lain maupun posting. Untuk itulah kali ini saya ingin membagikan tips yang juga saya lakukan ketika ingin kembali blogging setelah lama vakum karena disibukkan dengan problematika dunia nyata.

1. Mengunjungi Blog / Website Lain

Ini adalah metode yang paling memotivasi saya. Setelah vakum dalam waktu yang lumayan lama dari dunia blogging, cukup sulit untuk membuat kickstart lagi. Jadi saya mencoba untuk memulainya lagi melalui mengunjungi blog lain ( blogwalking ) sehingga saya bisa melihat adanya perubahan, entah itu dari bahasan topik hingga desain-desain baru template blog. Jelasnya adalah update, dan kedua, desain. Hal sepertin ini membuat saya punya perasaan ditinggalkan dan perasaan ini memotivasi saya untuk menulis lagi. By the way, membaca blog orang lain bisa memberikan ide-ide dan pemikiran juga.

2. Membaca Koran / Majalah

Saya mengakui bahwa jeda dalam blogging, membuat saya kekurangan ide-ide baru tentang apa yang harus saya tulis sehingga saya kehilangan minat dalam blogging. Dalam rangka untuk mendapatkan ide-ide baru, saya biasanya akan membeli koran dan majalah terbaru untuk mencari beberapa info terbaru dan menarik. Itu saja ! Lewat hal ini, saya bisa menemukan beberapa berita menarik, menganalisis dan kemudian mendukung mereka dengan semacam informasi tambahan dari sumber yang relevan. 

3. Memeriksa Arsip Anda

Ini adalah hal yang jarang dilakukan tetapi saya kira metode ini efektif ketika saya mencoba untuk mendapatkan ide-ide yang berhubungan dengan posting yang lebih lama. Kadang-kadang Anda mungkin menyadari bahwa ada posting yang tidak lengkap atau perlu penjelasan lebih lanjut. Beberapa posting Anda yang lebih tua mungkin memberi Anda ide-ide baru juga. Misalnya, Anda menulis tentang bagaimana memilih laptop. Mungkin Anda ingin menulis tentang menjaga laptop Anda di luar ruangan. Setelah jeda yang panjang dari blogging, biasanya seperti kehilangan koneksi dengan posting sebelumnya jadi saya coba memeriksa arsip untuk melanjutkan ide-ide dari posting sebelumnya atau menciptakan ide-ide baru dari arsip-arsip lama saya.

4. Ide dari Jaringan Sosial ( Social Network )

Kadang-kadang jaringan sosial seperti Facebook, Friendster, MySpace dan Twitter juga membantu saya untuk terlibat dalam berbagai diskusi dan topik. Update membaca atau diskusi dari jaringan sosial memberi saya beberapa ide bagus dan meningkatkan semangat saya sampai menulis lagi !

5. Pen & Kertas

Seperti yang saya sudah disebutkan di atas, berhenti blogging untuk sementara, entah bagaimana membuat saya kekurangan menciptakan ide-ide baru jadi saya mencoba satu metode lagi yaitu pena & kertas. Saya membeli sebuah notebook kecil dan setiap kali saya punya ide menarik, saya akan memasukkannya dalam daftar. Nah, metode ini sebenarnya adalah kebiasaan yang harus kita lakukan untuk menghindari hilangnya ide menarik yang datang dalam pikiran kita sewaktu-waktu. Kembali ke tujuan blog [ baca : Pentingnya Menentukan Tujuan Blog ]  juga bisa menambah motivasi anda dalam ber-blogging ria...



Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.